• Social media tips

    social media tips


    Social Media adalah platform channel yang sangat krusial, dikarenakan semua orang senang sekali berkunjung ke social media. 

    Ada yang berkunjung untuk memposting sesuatu, ada yang berkunjung hanya sekedar untuk melihat update terbaru postingan yang dia ikutinya dan ada pula yang hanya berkunjung memang untuk membeli sesuatu di social media.

    Berdasarkan pengalaman Saya dalam bersocial media di platform Facebook, Instagram, Tiktok maupun Youtube channel. Rata-rata menghabiskan waktu lebih dari 6-8 jam. Waktu yang sangat banyak memang, tetapi waktu tersebut adalah komulatif dari satu hari jika dikumpulkan bisa 6-8 jam sehari.

    Untuk di Instagram saja bisa menghabiskan waktu bisa 4 sampai 5 jam. Waktu yang sangat banyak dihabiskan bersocial media.

    social media tips


    Bagaimana dengan Facebook dan Youtube Channel. Kemungkinan sebagaian besar sama saja.

    Bagi seseorang yang memang serius menjadi influencer di social media atau pebisnis yang membangun Brand bisnisnya hanya lewat social media.  Waktu yang dihabiskan mungkin saja bisa 12-14 jam di social media.

    Waktu yang sangatlah berguna bagi mereka, mencari kedekatan dengan calon pelanggannya sangatlah bagus, terkadang waktu waktu tertentu menjadi moment tersendiri untuk terjadi pembelian.

    Waktu adalah uang

    Sebagian para pebisnis mempunyai waktu yang berbeda-beda, tergantung juga apa saja yang mereka jual.

    Bayangkan saja jika 80% penduduk dunia menggunakan smartphone nya dan selalu berada dalam platform atau channel social media mereka.

    Sangatlah dipastikan social media menjadi pasar yang bagus untuk pebisnis lama maupun pebisnis baru.

    Berikut 15 social media tips untuk bisnis Anda dalam bersocial media

    Tentukan goal: Siapa saja target Anda, Apa yang Anda lakukan dengan target Anda. Menentukan goal adalah hal yang sangat penting, goal atau hasil tujuan jangka pendek dan jangka panjang juga sangat berbeda, maka disarankan buat dahulu strategi jangka pendek yang akan Anda jalankan.

    Tentukan Target Demografic: Pastinya dengan menentukan siapa saja target audience Anda. Postingan dan iklan yang nantinya Anda jalankan akan sangat berpengaruh terhadap hasilnya.

    Set Social Media Calendar: Postingan juga harus selalu terupdate dan mempunyai schedule waktu yang jelas, pastikan Anda membuat program untuk dua minggu atau satu bulan kedepan. Baik konten, postingan gambar, video serta hari hari besar juga harus di posting. 

    Set Profil yang benar: Profil adalah awal mula kita dilihat semua orang di social media, gambar profil tentang brand Anda dan keterangan yang sangat penting di profil pun sangat menentukan langkah bisnis Anda di social media. Masukan sebuah website dan no telepon juga sangat penting.

    Variasi Postingan: Sebuah social media yang paling disenangi adalah postingan, baik itu posting gambar, video, tips and trick dan sebuah ilmu pengetahuan yang relevansinya dengan bisnis Anda.

    Brand dan warna: Logo Anda adalah brand penting yang terus dibangun begitu juga warna dari logo brand Anda, semuanya mempunyai visi misi yang positif. Postingan dengan menguatkan logo brand akan selalu diingat oleh konsumen dan audien Anda nantinya.

    Timing Postingan: Jam postingan akan menentukan banyaknya engagement, buatlah variasi jam postingan yang terbaik. Dikarenakan setiap bisnis mempunyai jam-jam postingan yang berbeda beda.

    Beriklan: Jangan takut untuk beriklan disocial media, dengan beriklan Anda akan tahu kebutuhan para pelanggan Anda, dan mengetahui iklan apa saja yang disukai dan iklan yang tidak diketahui. Deang beriklan pun engagement akan cepat mendapaykan respon dari target audience Anda.

    Analisa: Setelah Anda beriklan dipastikan akan terlihat data data penting yang bisa di analisa, dengan begitu bisa menjadi tujuan Anda selanjutnya untuk menentukan langkah selanjutnya.

    Bangun Interaksi: langkah cepat dan tepat untuk membangun interaksi adalah hal yang sangat positif, jangan tunggu lama  untuk Anda menjawab pertanyan dari seseorang yang ingin berinteraksi.

    A/B testing: ini adalah sesuatu yang harus dilakukan tidak selamanya apa yang kita post bagus dan disukai oleh target audien kita, walaupun kita melakukan kampanye di social media. Tetaplah membuat sesuatu yang berbeda baik memposting, beriklan, berpromosi ataupun melakukan giveaway.

    Influencer dan KOL: Membangun brand disocial media adalah hal yang wajib. Cara cepatnya adalah bisnis Anda mempunyai kekuatan dari seorang influencer atau KOL. 

    Collaboration: Jangan takut untuk berkolaborasi dengan seorang bisnis yang sudah terkenal, nantinya bisnis Andapun dikenal olah orang banyak.

    Hastag: Gunakan hastag yang sangat relevan dengan bisnis Anda, hastag sangat digunakan di social media

    Emosi: Tulisan pendek atau postingan yang menyentuh dengan emosi sangatlah berguna juga untuk menambah engagement.


    Dari 15 tips tersebut untuk social media marketing sangat lah disarankan oleh para pakar pakar di social media platform


    Sumber: Hootsuite

                   Socialpilot.co

                   Sproutsocial

  • 0 Comments:

    Posting Komentar

    GET A FREE CONSULTATION

    ADDRESS

    Cibubur 2 Kec Ciracas 13720, Jakarta Timur

    EMAIL

    ibayu1@gmail.com
    indrabayu@nano.or.id

    TELEPHONE

    +62817 6372 724

    MOBILE

    +62817 6372 724