• Cara meningkatkan penjualan online dengan digital marketing funnel

    cara meningkatkan penjualan online


    Sales dan marketing adalah dua unit yang tidak terpisahkan. Tim marketing bertugas mendatangkan prospek atau biasa disebut leads dan team sales adalah team yang meneruskan prospek tersebut agar menjadi pembelian. Namun semuanya tidak serta merta menjadikan pembelian. Di sini, peran dan tugas marketing funnel sangat essensial untuk membantu team sales meningkatkan convention rate.

    Apa perbedaan sales dan digital marketing funnel ?

    Sales funnel dibangun melalui model tradisional A-I-D-A (Awareness, Interest, Desire, Action), yaitu perjalanan kustomer dari mengetahui, tertarik, menimbang hingga membeli. 

    Digital Marketing Funnel juga memiliki suatu proses yang beragam, berhubungan dengan traffic dan loyalitas pelanggan. 
    Funnelnya termasuk awareness, Consideration, Purchase dan Post-purchase Experience.

    Diartikel ini kita kita akan menjadi perusahaan B2B atau B2C khususnya untuk E-commerce, dengan challange terbesar adalah banyaknya pengunjung yang akan dijadikan convertion sales.

    Ukuran terbesarnya yaitu keberhasilan untuk mengkilk, menginstall, dan angka pesanan lalu menjadi pembelian.

    Berikut eloborasi digital marketing funnel untuk E-commerce.


     Awareness


    Seorang digital marketer harus pintar memilih format agar memecah banner blinnes. 
    Di tahap awal, E-commerce harus pintar menarik perhatian user, Berikut cara yang bisa digunakan: 
    • Rich Media Banner: Cobalah berexperiment dengan banyak format, gambar, video, atau komponen social media. Reach, Traffi, Audience loyality, ads impression, dan Brand Image. biasanya digunakan sebagai tujuan campaign dengan model pembelian CPC, CPM, CPV dan CPE.
    • Website Relevan: tidak semua website baik digunakan untuk campaign. Peran media buyer sangat vital untuk merekomendasi whitelist yang sesuai dengan target audiens. Pilih media yang sering dikunjungi seperti premium publisher, portal berita online, affiliate, social media, atau DOOH (Digital Out Of Home)
    • SEO: gunakan seo untuk meningkatkan rangking di search engine secara organic. Jika Anda menggunakan banner gunakanlah CTA untuk meningkatkan leads.
    • ASO: e-commerce berkaitan dengan aplikasi, untuk itu penting untuk menjadikan rangking teratas di Google play dan Aps store

    Interest (Lead Generation)

    Pelangan sudah mulai memperhatikan atau melirik barang yang ditawarkan. Tujuan dari tahap interest memberi tahu user dari benefit dari usp produk. Cobalah menggunakan video atau social media ads dengan targeting yang spesifik.
    • Video Ads: Buat video ads yang menunjukan   produk secara detail dan spesifik dan buat lah video yang menjawab pertanyaan-pertanyaan apakah itu, kenapa harus membeli, bagaimana cara membelinya. Tahapan ini biasanya digunakanlah seorang influencer atau KOL dengan menjelaskan produk secara detail.
    • Social Media Ads: Membuat konten yang berhubungan dengan solusi dari masalah audient. Membuat konten yang bermanfaat dan berhubungan dengan produk yang kita jual di e-commerce 

    Desire (opportunity) 

    Di Tahap ini customer hampir siap untuk melakukan pembelian. Coba berikan informasi lebih kreatif mengapa mereka membutuhkan produk jasa itu dari Anda. Optimasi landing page dengan presentasi menarik dari produk, hadiah, dan tawaran special jadi faktor pendukung. 
    • Optimasi Landing Page: Sertakan special offer, FAQ, Case studies, review, atau buyer guide di website Anda. Pengalaman user adalah hal yang paling baik dan menjadi kebutuhan konsumen.
    • Influencer Marketing: Tidak sebatas review dan refferal, influencer marketing dapat membantu Anda menjelaskan kepada pengguna bagaimana produk dan jasa yang Anda jual sedetail mungkin.
    • Materi Iklan dengan emosi triggeling: Gunakan ikatan emosi pada artikel gambar yang memperlihatkan ikaln tersebut sangat layak. Menurut smartinsigt  ada tujuh emosi utama yang mempengaruhi customer: rasa memiliki, takut, bersalah, percaya, kepemimpinan, nilai dan gratifikasi.

    Action (client)

    Di sini, client sudah mulai berfikir kenapa harus sekarang? gunakan CTA secara langsung untuk mendorong pembelian. Coba integrasikan tawaran special pada campaign Anda.
    • Special Offer: Ingatkan pelanggan untuk check-out! beri tawaran khusus seperti "Discount atau "Gift" jika berhasil check out pada waktu tersebut.
    • CTA jelas: Semakin simple dan direct, CTA semakin efektif. Beberapa kata yang bisa digunakan: beli sekarang, coba gratis dan subscribe untuk meningkatkan engagement. 
    • Timer Ads: Didesain untuk membuat user semakin excited, seperti tantangan yang harus dikerjakan. Cobalah berikan keterangan "sisa 5", "hanya berlaku hari ini", "24 jam sebelum discount berakhir".

    Satisfaction

    Good Job! customer akhirnya melakukan pembelian. Saatnya untuk menjaga loyalitas agar customer terus melakukan pembelian.

    leads newsletter


    • Newsletter: Jika Anda menjual produk kecantikan, cobalah buat tips apa saja yang dapat menunjang kesehatan kulit sehari-hari. Tawarkan benefit lewat special offer, discount atau loyalitas program. Sediakan informasi trend dari industri secara spesifik (Fashion, Beauty, Technology).
    • Membalas review: Review dan masukan dari customer tidak semuanya baik. Namun sangatlah penting untuk membaca dan membalasnya satu persatu. Jika ada kendala, coba berikan solusi hal ini menunjukan Anda peduli.
    • Retargeting: Anda sudah memiliki database customer, maka buatlah segmentasi demografi, minat, dan lokasi customer Anda berada. Dengan retargeting Anda dapat menjangkau customer dengan latar belakang yang sama atau mengingatkan kembali customer lama Anda.
    Akhirnya, funnel ini dibuat untuk mendiskripsikan perjalan pembeli dari mengetahui produk hingga melakukan pembelian. Strategi yang digunakan diatas dapat ditukar secara flexible atau ditambah dengan cara lain.
    Dalam kasus e-commerce, influencer, discount dan coundown adalah keberhasilan utama campaign.
    kenali produkmu dan demografi customer untuk menentukan publisher mana tepat untuk launching campaign.
    Tanya Go mobile   jika Anda ingin mengimplementasikan strategi marketing bagi brand Anda.
  • 0 Comments:

    Posting Komentar

    GET A FREE CONSULTATION

    ADDRESS

    Cibubur 2 Kec Ciracas 13720, Jakarta Timur

    EMAIL

    ibayu1@gmail.com
    indrabayu@nano.or.id

    TELEPHONE

    +62817 6372 724

    MOBILE

    +62817 6372 724