• Tool untuk Cyber Security pengamanan data IOT


    cyber security

    IOT [ intenet of things ] 

    Perangkat berbasis internet. Pengunaan smartphone bisa sebagai alat cyber crime atau yang sangat banyak digunakan adalah laptop dan komputer.

    Menurut pendapat Saya pun jika alat itu bisa terkoneksi ke internet dan dapat di hack oleh hacker. Maka termasuk dengan kategori IOT.

    Alat yang bisa dihack dengan perangkat IOT dengan adanya jaringan baik internet kabel maupun wifi.

    Video tron, mesin printer, kamera cctv, smart phone, drone, remote control dan lain sebagainya.

    Tetapi sekali lagi kita bahas tentang cyber security untuk pengaman data IOT, dan Perusahaan.

    Tingkat keamanan adalah sesuatu hal yang wajib bagi setiap individu dikarenakan data individu atau personal dapat disalahgunakan oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab.

    Kejahatan dalam memanipulasi data sekarang ini sangat marak beredar, banyak sumber data yang sangat bisa diakses. Dan gampangnya sang pelaku tinggal mencari kartu pengenal sang korban dan data-datanya bisa untuk dijadikan menutupi pencurian dan data kejahatan.

    Anda bayangkan jika yang didapatkan datanya orang yang tajir dan terkenal, ataupun data dari sebuah blockchain yang banyak nilai duitnya.

    Bercerita tentang system keamanan apalagi bagi suatu perusahaan, dikarenakan perusahaan itu adalah perusahaan besar yang banyak data-data penting yang harus disimpan baik baik.

    Data data penting tersebut yang harus dijaga baik baik adalah database konsumen, pengguna, karyawan dan data penting lainnya.

    Sebenarnya apa itu Cyber Security?

    Cyber security adalah teknologi keamanan komputer, dalam prosesnya mencakup kegiatan dalam jaringan komputer, program komputer, program aplikasi smartphone melalui  system informatika.

    Secara singkatnya saja tool yang dapat digunakan untuk menangkal cyber crime tersebut adalah.

    NAC [ network access control ] 

    Network access control adalah security tool service yang memungkingkan sesuatu perusahaan untuk menerapkan kebijakan keamanan pada perangkat dan akses pengguna yang mencoba mengakses jaringan internal mereka. Dalam hal ini membantu keamanan perusahaan untuk mengawasi keluar masuknya pada jaringan internal mereka.

    FIREWALL

    Firewall adalah security tool service yang berada dalam komputer atau laptop kita. Kemampuannya melindungi jaringan pada pencurian data penting perusahaan dari malware, unauthorized login dan beragam ancaman serangan lainnya. Fungsinya dapat memblokir ip addres range dan url. untuk melindungi data dari pelanggaran.

    Endpoint Protection

    Endpoint protection biasanya bagi saya lebih dikenal dengan antivirus yang dipasang di laptop atau komputer baik pribadi maupun perusahaan. Antovirus ini bisa di install dengan berbagi varian. kita bisa menginstall laptop kita dengan antivirus lokal digabungkan dengan antivirus internasional.

    Data loss protection

    Data loss protection adalah tool yang memberikan pemberitahuan atau peringatan dini tentang kehilangan atau pengiriman data rahasia yang telah di salah gunakan. Biasanya data yang akan keluar dapat diketahui dikarenakan adanya persetujuan dari orang yang berwenang. Data loss protection ini cocok untuk pengguna kartu kredit, pengguna kartu pintar dan pengguna system financial teknologi atau disebut fintech.

    Instruction Prevention System 

    Instruction prevention system adalah sebuah teknologi dibalik firewall untuk memeriksa arus lalu lintas yang mirip dengan kerjanya antivirus. Ips dapat memindai apa saja kegiatan arus yang masuk jika systemnya sedang online atau offline.



  • 0 Comments:

    Posting Komentar

    GET A FREE CONSULTATION

    ADDRESS

    Cibubur 2 Kec Ciracas 13720, Jakarta Timur

    EMAIL

    ibayu1@gmail.com
    indrabayu@nano.or.id

    TELEPHONE

    +62817 6372 724

    MOBILE

    +62817 6372 724