• Cara Mempercepat Loading Website Anda

    Cara Mempercepat Loading Website

    Apa yang anda rasakan ketika anda membuka sebuah situs yang loadingnya sangat lama, padahal koneksi internet anda cepat ? Tentu saja bete bukan. bahkan mungkin anda membatalkan untuk mengaksesnya. Tidak hanya itu, kecepatan loading juga merupakan salah satu parameter untuk menentukan bagus tidaknya optimasi SEO sebuah website. 
    Kecepatan pemprosesan dalam sebuah website sangat berpengaruh besar terhadap jumlah pengunjung anda.

    Kecepatan web memang bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi performa website. Selain itu, kecepatan juga bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi search engine ranking. Namun, kecepatan website bisa dikatakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan juga, karena pengunjung akan lebih memilih website lain nya yang kecepatan loading nya lebih cepat. 

    Dibawah ini saya akan jelaskan beberapa tips agar website anda cepat ketika diakses.
    Yuk lihat lebih lanjut penjelasan nya :

    1. Melakukan optimasi konten
         Berbagai optimasi konten harus benar-benar dilakukan untuk memaksimalkan kecepatan website anda. Jika website mu hanya berisi informasi seputar bisnis tanpa melakukan banyak perubahan, maka kecepatan yang standard pun tidak masalah.
    Mengoptimasi konten bukan hanya konten teks saja, tapi juga konten visual. Sebab di Website konten visual akan membuat load  website menjadi berat.

    2. Menghapus plugin yang tidak digunakan
           Kalau kamu menggunakan CSS atau menggunakan CMS di engine worpress untuk membangun sebuah website, tentu pastinya membutuhkan beberapa dukungan dari plugin nah ternyata pluggin yang sangat banyak di pastikan dapat memperbarat website sendiri, untuk mengoptimasi websitemu, mulai dari tampilan sampai dengan peningkatan kecepatan website. Maka kamu sendir harus menghapus beberpa pluggin yang tidak perlu.

    3. Optimalkan penggunaan CSS
           Beberapa cara penggunaan CSS pada halaman web adalah sebagai berikut :
    1. Me-render css eksternal menggunakan tag <link href="path ke file css"/>
    2. Memasukan css langsung pada halaman dengan tag <style> kode css </style>
    3. Memasukan css langsung pada tag tertentu dengan cara <div style="kode css"></div>
    Cara ketiga sebaiknya anda hindari untuk digunakan karena itu dapat menghambat kinerja anda dan memperlambat pada loading website anda.
    Lalu, bagaimana dengan cara yang pertama dengan kedua ,? apakah sama ?? 
    Ini tergantung pada banyaknya kode css yang digunakan. Jika kode css yang anda gunakan sedikit, (contohnya tidak kurang dari 100 baris), akan lebih baik jika anda menggunakan cara kedua. Jika  anda menggunakan kode css dengan jumlah yang sangat banyak, sebaiknya anda menggunakan cara yang pertama. 
    Sebagai catatan saja, untuk kode css itu ditempatkan diantara tag <head></head>.
    Pemuatan css eksternal akan menghentikan pemuatan halaman web sementara sampai pemuatan file cssnya selesai. Oleh karena itu, usahakan ukuran nya kecil dengan mengompres nya terlebih dulu. 

    4. Optimalkan penggunaan JavaScript'
               Sama seperti pada kode css di atas. Jika kode javascript nya sedikit, maka gunakanlah cara yang kedua. Sebalik nya, jika kode yang digunakan sangat banyak maka gunakanlah cara yang pertama. Pemuatan js eksternal juga dapat menghentikan pemuatan halaman web sampai pemuatan file js nya selesai. Jika penempatan javascript nya berada di atas diantara tag <head></head>, jadi usahakan file javascript nya di kompres terlebih dulu.

    Namun, berbeda dengan css. Untuk pemuatan file javascript ini dapat ditunda sampai pemuatan html selesai semua. Caranya adalah dengan menggunakan atribut "async" pada tag "script".
    <script async src="path ke file js"></script> atau bisa juga menempatkan file/kode js dibawah halaman di atas </body> 

    javascript

    5. Optimalkan gambar    
            Mengoptimalkan pengguna gambar pada halaman web dapat mempercepat loading web. Nah bagaimana cara nya ? Berikut ini adalah hal-hal yang dapat mengoptimalkan penggunaan gambar anda :
        - Hindari penentuan ukuran gambar dengan menggunakan css. Jika pada halaman web anda menampilkan gambar dengan ukuran 300 x 300, maka ukuran panjang dan lebar asli gambar anda seharusnya begitu, bukan dengan ukuran 1000 x 1000 lalu dibuat menjadi 300 x 300 dengan menggunakan css.
        - Kompres ukuran file gambar
            
    6. Gunakan hosting yang cepat
            Salah satu cara lain nya yang bisa anda lakukan agar kecepatan loading website anda meningkat adalah dengan menggunakan hosting yang cepat. Dalam sebuah artikel mengungkapkan bagaimana web hosting berdampak pada kecepatan loading website untuk kedua kliennya.
    Kedua kliennya memiliki website yang mirip, namun yang berbeda pada penyediaan hosting nya.
    Klien satunya menggunakan dedicated server hosting, sedangkan klien yang satu lagi menggunakan server hosting murah.
    Alhasil, ada perbedaan yang besar dalam respon waktu respon website, respon DNS pada klien yang menggunakan dedicated hosting adalah 7ms (milidetik), sedangkan waktu respon pada klien dengan server yang murah sebesar 250 ms.
    Jadi, agar kecepatan loading website itu sendiri semakin cepat, maka perhatikanlah juga dalam memilih hosting yang terpercaya dan cepat.                                                                                             

    7. Optimasikan database website
            Mengoptimasi database adalah sesuatu yang mudah dilakukan, sederhana namun sering diabaikan oleh para webmaster, padahal faktanya ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mempercepat loading website anda, apalagi bagi pengguna CMS seperti Wordpress yang sangat bergantung pada pengguna database. Nah, apabila anda pengguna wordpress, anda dapat menginstal Plugin WP-Optimize.
    Bagusnya lagi, plugin ini tidak hanya dapat mengoptimasi database website anda saja, tetapi juga membersihkan post revisions, auto draft post, komentar spam dan komentar di trash.  

    Cara Mempercepat Loading Website Anda
                 
    Oleh karena itu mempercepat loading situs website anda sangatlah penting dilakukan, agar semakin banyak yang mengunjungi website anda dan tentunya website anda akan dijadikan rujukan pertama ketika orang mencari suatu keperluan.


    Refrensi :
    https://penasihathosting.com/mempercepat-loading-website/#tab-con-15
    https://www.devaradise.com/id/2014/06/cara-mempercepat-pemuatan-web-blog-situs.html


  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Over 600,000+ Readers

    SEO SEM DIGITAL MARKETING

    94% OF CONSUMERS SEARCH ONLINE BEFORE MAKING A PURCHASE Not all search listing on page one of Google are the same. So while you might be running Google AdWords or appear on Google Maps you are likely missing out on the bulk of the business.Everyone wants to be on the first page, but not everyone deserves to be there. Your business, brand and website have to earn that right. Google now use over 200 signals in their algorithm for scoring and last year, there were over 540 quality improvements to their search algorithm alone.