• Tips-Tips Agar Website Aman Dari Ancaman Para Hacker

    Stop Hacker

    Di dalam perkembangan zaman teknologi yang sudah semakin berkembang ini, semua terasa menjadi lebih mudah dikerjakan, lebih simpel dan tidak ribet, apalagi dengan adanya website / digital marketing yang bisa berkirim / bertukar sebuah informasi data lain nya, dalam satu kali waktu yang bersamaan dan cepat.
    Tentunya hal itu sangat membantu sekali terutama bagi orang yang bekerja dalam bidang informasi dan data .

    Namun, dengan kemajuan teknologi ini malah di salah gunakan oleh oknum-oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab, sebut saja (HACKER). Di dalam melakukan aksinya, hacker bertugas  mengubah, mengacak suatu sistem agar informasi yang ada di website seseorang yang awalnya baik, menjadi  kacau dan berantakan daSeluruh informasi data penting yang ada didalam website itu juga bisa di curi bahkan sampai dihilangkan.
    Maka dari itu, perlu adanya pengamanan sistem yang baik dan kuat untuk website yang kita kelola saat ini, minimal melakukan backup data file secara berkala dan memperbarui keamanan password kita dan aplikasi pendukung lain nya untuk mengamankan website kita. Memang terlihat sedikit ribet ia ...
    tetapi setidak nya informasi dan data-data anda aman dari ancaman serangan para hacker :)

    Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk website anda, agar informasi dan data anda terlindungi dari ancaman para hacker di luar sana :

    1. Perkuat Tingkat Keamanan Jaringan
         Menggunakan komputer di kantor memang tidak bisa selalu aman, karena 1 komputer saja, bisa digunakan oleh orang banyak. Itu sebabnya penting bagi kita untuk menyediakan rute akses yang mudah ke server website, seperti :

             - Login yang akan langsung berakhir ketika periode penggunaan sudah aktif
             - Sandi yang sering dirubah
             - Sandi yang kuat dan tidak pernah dibuat sebelumnya
             - Semua perangkat yang terhubung ke jaringan harus di scan dari malware setiap kali mereka                 terpasang

    2. Batasi Penyebaran Informasi Yang Sensitif
      Terkadang kita tidak bisa menghindari penyebaran informasi-informasi sensitif yang kita miliki, misalnya username dan password yang biasa digunakan untuk login ke cPanel dan lain sebagainya.
    Untuk login ke website perusahaan anda misalnya, sebisa mungkin setiap staff memiliki username dan password mereka masing-masing (dan jangan menggunakan 1 username dan password secara bersama-sama). jika staff yang bersangkutan sudah tidak lagi bekerja di perusahaan anda, maka segeralah mengganti password nya dan segera menon aktifkan account staff tersebut sehingga anda bisa menjamin keamanan website perusahaan anda.

    3.  Pasang Firewall Pada Website
       Memasang Web Application Firewall dapat menjadi salah satu pelindung website. Firewall akan membuat ketetapan antara server website dan koneksi data, serta dapat membaca setiap bit data yang melewatinya. Sebagian besar Firewall modern berbasis cloud dan disediakakan sebagai layanan Plug and Play.
    Pada dasarnya, layanan cloud ditetapkan di depan server kita, dimana ia berfungsi sebagai gateway untuk semua lalu lintas yang masuk. Setelah terinstal, aplikasi web firewall menyediakan sebuah tameng yang akan memblokir semua upaya para hacker dan juga menyaring berbagai jenis lalu lintas yang tidak di inginkan, seperti Spammer dan Bot berbahaya. 

    Firewall protect


    4. Memasang SSL
     Apa itu SSL ? SSL merupakan singkatan dari Source Socker Layer adalah protokol keamanan yang mengamankan semua bentuk transaksi yang ada di website anda, mulai dari sekedar akses website hingga transaksi yang sensitif, seperti : pendaftaran, online shopping, email hingga transaksi kartu kredit. Dengan adanya SSL pada website anda tentunya akan memberikan keamanan tambahan dan bisa melindungi website dari ulah hacker. 

    Salah satu fungsi dari SSL adalah anda akan mendapatkan kepercayaan, keamanan, meningkatkan konversi dan akhirnya dapat menambah revenue dari website anda.

    Keamanan SSL untuk website

    5. Selalu Monitor Pengunjung Website 
      Sebaiknya cek selalu pengunjung-pengunjung yang mengakses situs anda, karena bisa saja ada orang yang sengaja ingin berbuat iseng di dalam website anda, yang memberikan traffik bot pada situs anda yang itu mengakibatkan beban pada server tersebut menjadi lebih besar, dapat membuat server anda menjadi down. 

    Lalu bagaimana cara membedakan antara bot visitor dengan yang benar-benar visitor / pengunjung anda ? jangan kuatir, anda bisa menggunakan layanan dari google yaitu google analytics. Dengan menggunakan google analytics anda bisa memantau sumber traffic yang mengunjungi situs anda. 
    Biasa nya bot visitor memiliki ciri-ciri dengan naik nya jumlah pengunjung yang tidak wajar, naah....bisa dipastikan itu adalah bot visitor yang sedang mengganggu situs anda. jika anda mengalami hal ini, sebaik nya block saja ip tersebut melalui control panel hosting anda.




  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Over 600,000+ Readers

    SEO SEM DIGITAL MARKETING

    94% OF CONSUMERS SEARCH ONLINE BEFORE MAKING A PURCHASE Not all search listing on page one of Google are the same. So while you might be running Google AdWords or appear on Google Maps you are likely missing out on the bulk of the business.Everyone wants to be on the first page, but not everyone deserves to be there. Your business, brand and website have to earn that right. Google now use over 200 signals in their algorithm for scoring and last year, there were over 540 quality improvements to their search algorithm alone.