• CRO [ conversion rate optimization ] VS ROI [ return on investment ]

    cro

    Didalam dunia digital marketing strategies sudah dikenal antara CRO dan ROI keduanya ada dalam bahasa masing masing.
    Sebenarnya untuk mendalami hal ini anda akan menjalani sebuah proses didalam optimasi dan kampanye dalam anggaran belanja anda. Untuk kebutuhan pengenalan suatu produk atau pengenalan suatu BRAND besar nama anda yang ingin diraih nantinya.

    Fungsi dari kampanye kita tahu bahwa pengenalan produk atau nama kepada masyarakat yang nantinya akan menimbulkan efek yang baik dimata masyarkat atau dimata konsumen.
    Teknik berkampanye bermacam macam cuma secara gamblang yang saya kerjakan adalah teknik kampanye secara offline dan secara online marketing.

    Apa itu CRO ? 

    CRO adalah conversion rate optimization atau lebih dikenal dengan hasil dari seberapa besar hasil optimasi kita dengan penjualan atau target sales yang tercapai.
    Untuk mencapai target sales tidaklah lah mudah apalagi anda adalah sebuah produk baru dan perusahaan baru yang belum dikenal luas dimasyarakat. Jurus jurus optimasi ini berbagai macam bentuknya diantaranya dengan :

    Fokus utama kampanye offline adalah dengan membuat brosur membuat poster dan membuat banner di jalan dan memasang di papan iklan yang berbayar, Tentunya teknik ini juga memakan biaya yang tidak sedikit tetapi ketika kita menampilkan sesuatu produk hasilnya bukan untuk sekarang tetapi untuk di kemudian harinya.
    Baca juga : 10 trick memaksimalkan viral video marketing youtube
    Dan fokus utama kampanye didalam digital marketing strategies adalah menampilkan secara online apa saja yang kita jual baik produk jasa maupun nama besar dari perusahaan contohnya dengan membuat website dan membuat perencanaan biaya kampanye untuk online seperti :

    1. Facebook ads : sarana kampanye online dimedia social media dengan target para pengguna facebook pada umumnya. Kampanye ini sekarang sangat disukai oleh para digital marketing online dikarenakan mudahnya facebook mengarahkan siapa saja yang suka kepada produk yang ingin kita ingin jual dan kenalkan atau jasa apa saja yang ingin kita kenalkan.
    2. Instagram ads : sarana kampanye online dengan strategi serupa dengan facebook dikarenakan teknik instagram hampir menyerupai dan kedua platform ini sama sama disatu bendera perusahaan. 
    3. Adwords : sarana kampanye dengan menggunakan kata kunci yang di targetkan sarana ini adalah mengkayakan website kita didalam pencarian di search engine google, cara ini pun cukup efektif tetapi masih berupa kata kata. Google adwords juga bisa menampilkan gambar tetapi cara ini harus menggunakan publisher tertentu atau website tertentu yang kadang kadang masih jauh impresionnya dari pencarian pengguna langsung.
    4. Bing ads : sarana ini hampir sama dengan search engine lainnya untuk mengkayakan pencarian di search engine bing untuk website kita persentase search engine ini kalah jauh dengan google crome.
    Dari perhitungan CRO [conversion rate optimization] jenis jenis kampanye ini haruslah dianalisa dari hari kehari minggu keminggu dan bulan kebulan dikarenakan ketika perbandingan pengunjung yang banyak dan CRO nya sedikit maka harus dianalisa apa saja perbaikan perbaikan nantinya dan kampanye apa saja yang memang sangat efektif.

    Pemahaman conversion rate sangat dapat diandalakan diantaranya ada perbandingan antara

    • 10:1 dengan penjualan
    • 100:1 dengan nilai penjualan
    • 1000:1 dengan nilai penjualan 
    Bentuk ini adalah berdasarkan data yang ingin anda raih dari berbagai optimasi anda didapatkan dari nilai satu penjualan yang organic maksudnya adalah ketika anda mempunyai data pengunjung di angka 100 dan penjualan hari ini cuma satu maka website anda mendapatkan nilai 100:1 lalu bagai mana untuk menargetkan 100 penjualan sehari berarti anda menargetkan pengunjung sebesar 10000 orang.

    Didalam Digital marketing startegies konsep ini bisa didapatkan dengan kampanye yang sangat besar sekali dari waktu ke waktu dan tidak didapat dengan secara instan dan matematis.

    Konsep penargetkan juga banyak hal yang akan menjadi kendala. Tetapi semua itu akan anda dapatkan manfaatnya ketika anda sudah dikenal dimasyarakat luas pada umumnya.

    Dari perbandingan tersebut tidak lah baku melainkan konsep yang akan nantinya di buat dan dianalisa dengan anda sendiri sebagai digital marketing startegies, Dikarenakan ada perusahaan yang hanya perlu satu pengunjung secara organic dan menghasilkan milyaran atau ratusan juta, kok bisa seperti itu. Berdasarkan pengalaman sekarang ini nilai Alexa menjadi sebuah patokan padahal hal analisa alexa hanya memberikan sebuah rangking factor peringkat saja bukan target sales.

    Misal perusahaan A mempunyai target penjualan sehari dengan menjual sebuah alat berat atau kapal atau mobil mewah. Dan sebagainya yang penjualan diatas ratusan juta bahkan milyaran rupiah.
    konsep ini tidak memerlukan banyak pengungjung yang akan di targetkan tetapi organic pencarian atau target sales yang tepat bisa menjadikan sebuah penjualan atau bentuk MOU kerjasama jangka panjang.
    Bagaimana dengan perusahaan B yang menjualan pakaian maka akan di harapkan dapat menghadirkan pengunjung yang tinggi dan dengan konsep 10000:100.

    Konsep yang B ini digunakan pada paltform kampanye website E-commerce dan Konsep yang A dilakukan pada website Company profile.

    roi

    Untuk perhitungan ROI [ return On investment ] bagaimana ?
    Secara sederhana adalah perhitungan dimana anda menghabiskan biaya kampanye anda untuk sebulan sebesar 5-10 juta itu sudah termasuk seo sem dan biaya kampanye social media dan total setahun sebesar 60-120 juta. Hasil penjualan tertarget, anda mendapatkan untuk tahun pertama sebesar 1-2 milyar. Di pastikan anda sudah mendapat keuntungan yang sangat besar.

    Lalu bagai mana ketika anda menetapkan konsep yang sama di dalam digital marketing kampanye anda dengan biaya yang sama tetapi anda mendapatkan nilai target sales jauh lebih besar.

    Baca juga : 4 komponen strategi branding

    Contohnya sebesar 5-8 milyar
    Biasanya hal ini secara sederhana digambarkan BRAND nama besar dan produk anda sangatlah disukai atau dikenal oleh masyarakat.

    Bagaimana jika perhitungan ROI nya meleset dari target dan malah rugi. Konsep ini anda akan kenal dengan biaya pengenalan BRAND produk dan Nama besar perusahaan anda dimata masyarakat.

    Seperti judul diatas CRO vs ROI siapa yang memenangkan adalah ketika startegi Digital marketing salah sasaran atau tidak berjalan dengan mestinya.
    Karena menuju sebuah konversi diharapkan produk nama besar kita dikenal di sukai dimasyarakat mencapai target sales dan menjadikan ROI menjadi lebih besar.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Pages