• 10 Cara membaca google analytic

    Google analytic adalah sebuah tool dari google yang gratis dan sangat banyak manfaatnya dan saya akan memberikan 10 cara membaca google analytic. Google analytic ini bisa memprediksi dan membaca kejadian masa lalu istilahnya setelah ada kejadian dan pemetaan lalu kita bisa meng analisa di bantu oleh alat ini.
    Peruntukan google analytic khusus untuk website apa saja baik itu blog atau wordpress dan website yang di buat oleh platform lainnya. ok lah saya tidak akan berlama lama lagi saya kan langsung menjelaskan.

    1. Traffic : anda akan melihat all traffic ini menunjukan seberapa banyak pengunjung anda di masa lalu dan masa kini maksudnya data ini sudah valid apa saja yang pengunjung yang datang dan dari mana saja pengunjung yang datang.

    traffic 
    Pilih dashboard pada google analytic dan pilih overview anda akan melihat pada tabel dan tulisan Acquisition dan nilai yang tertera di dalamnya.

    2. Traffic dari saluran specific : maksudnya adalah lewat mana pengunjung datang dan secara specific kita bisa melihat mana yang lebih ampung dari hasil kerja kers kita atau iklan yang kita gunakan digoogle.
    traffic

     Anda akan melihat pada tabel 
    - Direct : orang langsung mengetikan website anda dan berkunjung dan orang tersebut belum pernah mendatangi situs anda sebelumnya dan ini akan terdata di direct. 

    - Refferal : adalah pengunjung anda datang dari website lain istilahnya kita mempunyai refferal dan data pengunjung masuk dari refferal kita.

    - Organic : orang atau pengunjung datang ke website kita melalui mesin pencari istilahnya google  dan orang tersebut mengklik website kita istilahnya menjadi querry di search engine.

    - social : orang atau pengunjung datang dari media social yang kita beriklan disana atau menshare secara langsung website kita. Kepada pengunjung atau teman dan follower kita.

    3. Konversi : adalah ketika pengunjung datang melakukan banyak hal di website kita baik dia membaca artikel menulis coment mendownload sesuatu atau mengisi formulir adan lebih bagusnya si pengunjung menelepon langsung dan melakukan pembelian atau melakukan pemesanan.

    konversi

    anda pilih Conversions lalu pilih goals pilih lagi overview lalu terlihat data data yang muncul dan pilih source /medium dan yang kelima ada pilih view full report 

    4. Bounce rate : bounce rate istilahnya pengunjung datang dan tidak melakukan hal apapun dan istilahnya lagi dia tidak suka karena website kita. Dan factor factor bounce rate sangat banyak sekali baik dari website kita yang tidak relevan atau landing page kita yang tidak disukai atau juga karena factor loading yang berat 
    10 cara membaca google analytic

    Pilih Acquisition pilih all traffic dan lalu klik channels setelah itu pilih saluran spesific untuk melihat permorma website tersebut.
    untuk halaman individual anda dapat juga melihatnya pertama pilih site content dan pilih all page atau landing page dan lihatlah kolom bounce ratenya.

    5. Tren Pencarian : adalah sebuah indicator untuk tern yang sedang berlangsung hangat saat ini dan indicator ini biasanya dipakai oleh website berita dan website toko online. google teren ini banyak pengaruhnya dengan pencarian yang sedang update. Dan ingatgoogle tren yang kita ambil adalah yang sangat relevan untuk website kita.
    google tren


      6. Pengunjung baru : adalah pengunjung yang datang benar benar dari ip baru dan dar negara lain yang mengunjungi website kita untuk melakukan transaksi atau lainnya atau sekedar melihat lihat dan bernavigasi di website kita.
    pengunjung baru

    7. Kata Pencarian [Query] : kata pencarian ini adalah ketika website kita didatangi oleh pengunjung saat dia mengetikan kata kunci yang kita optimasi atau memakai adwords. biasanya kata kunci yang di optimasi adalah menggunakan cara seo atau jasa seo.

    8. Organik Landing page teratas : adalah maksudnya kita mendapatkan pengunjung dari iklan berbayar yaitu adwords atau website kita menduduki di indek pertama dengan kata kunci tertentu.
     Halaman organik landing page teratas memberitahu kita seberapa baik kita melakukan optimasi dan menjaga dan menyesuaikan dengan serach engine optimation atau disebut SEO
    organic landing page teratas

    pilih behavior lalu pilih site content lalu pilih landing page dan klik secondary dimension lalu pilih acquisition pilih yang medium di kotak pencarian klik advanced lalu pilih lagi medium dan tulis organic di kotak containing.

    9. Demographic user : adalah menjelaskan siapa yang mengunjungi website anda dari negara lokasi umur jenis kelamin dan sekolah istilahnya lulusan apa. tujuannya adanya demografi apakah relevan dengan bisnis anda. 
    demographic user


    10.Sentimen Brand : adalah menjelaskan branding website untuk bisnis anda Dan perlu diingat adalah publisitas atau kepopuleran website anda. dan anda dapat mengukur sentimen apa saja yang dibicarakan online tentang bisnis  website anda. 

    jangan lupa pasang google alert dan talkwalker alert untuk menjelaskan brand bisnis anda.



  • 4 komentar:

    1. wah ini yang saya cari makasih ya

      BalasHapus
      Balasan
      1. sama sama mbak nadia sukses ya bisnisnya

        Hapus
    2. Kalau untuk mengetahui berapa jumlah pengunjung 1 bulan lalu, minggu lalu, kemarin dan hari ini gimana ya gan?, mohon pencerahan saat ini saya pakai histat tapi load web jadi lemot, pengen ganti analytic tapi bingung saya cari gak ada jumlah traffic harian seperti histats

      BalasHapus
      Balasan
      1. google analytic beda sama hitstat kalo mau pasang masuk ke htmlnya masukin javascripnya dari google analiticnya aza

        Hapus

    Over 600,000+ Readers

    SEO SEM DIGITAL MARKETING

    94% OF CONSUMERS SEARCH ONLINE BEFORE MAKING A PURCHASE Not all search listing on page one of Google are the same. So while you might be running Google AdWords or appear on Google Maps you are likely missing out on the bulk of the business.Everyone wants to be on the first page, but not everyone deserves to be there. Your business, brand and website have to earn that right. Google now use over 200 signals in their algorithm for scoring and last year, there were over 540 quality improvements to their search algorithm alone.